Rabu, 28 April 2010

artikel

Barita Mardongan Poda

I Timoteus 4:7
“Pasomalsomal ma dirim mangulahon hadaulaton!”

Didok sada poda ni natuatua: Somalna do peamna. Tung mansai bagas do lapatan ni pandohan i, jala marhataridaan ma i di nanaeng marujung ngolu sahalak amanta naung matua na marumur 70 taon. Nungga marsahit sahit ibana jala holan na peak nama ibana di podomanna. Nungga adong 3 bulan sai songon i ma ngoluna di urus angka keluarga. Di dok barita i marpungu ma sude angka keluarga pashathon sipanganon na tabo tu amanatai, ninna roha atik na adong do na pinaima ni amantai sian angka pomparanana umbahen na sai songon i si aeon ni amantai, sai malgipalgip alai dang haru marujung. Di na dipatupa ulaon i, sai songon na hipas ma amnatai boima ibana humosur. Jala sai songon na martopak topak ma ibana alai dang haru ruar anggo soarana. Marnida i las ma roha ni angka pomparanna. Tanda do parhuria hian natuatua on uju hipas ibana ninna. Ai sai di ingot do di itngki na marminggu i marende martopak ibana. Toe marende ma hita aha hian ende halomoan ni amanta ninna sahalak boru ni amanta i ma. Alai sude na pungu i dang mamboto aha ende na. Alai nang pe songon i diuji nasida ma mangendehon sada ende sian buku ende i, ala martopak do amanta berarti ende olopolop do endena i ninna. Diendehon nasida ma buku ende 435: “ Marolopolop tondingki”.

Dung marende nasida ba sai mangupiri ma simajungjung ni amanta i. marnida i didok anak na na sian pangarantoan i ma dang i huroa na pinagido ninatuatua on. Antong aha do na pinangidona?, sai disungkun dang haru boi ibana mangalusi, marnida i mangandungi ma sahalak ianakkonna asa dialusi natoras na i nian nasida molo apa tung ima ujung ni ngolu ni natuatua i. alai dang haru boi tarbege soara ni amanta i.

Ala ni andung ni anak na i gabe ro ma angka ama ni huta i sian lapo na adong di huta i. Dung di ida angka amanta i amanta na marsahit i sai martopak topak gabe marsihusiphusipan ma nasida. Na pasuangsuanghon na ma i ninna sahalak amanta ma, na di ingot i do nuaeng angka ulaon hasomalanna di tingki hipas ibana. Boha hamu angka pomparan ni amanta on nungga tulus rohamu ninna sahalak amanta ma mandok tu pomparan ni amanta na marsahit, didok ibana ma apala aleale ni amanta i. Bahen uda ninna sahalak anakkonna ma, ai dang tarpidaida molo sai songon songon natuatua on ninna.

Didapothon amanta i ma tu podoman ni amanta na marsahit i di buat ma sian sangkuna kartu joker dilean ma tu tangan ni amanta i. Pintor mengkel suping ma amanta na marsahit i. di kossok ma tutu kartu i. Dipasahat ma tu ibana sat ni jombut, “ hepeng! “ ninna amanta na marsahit ma. Dung dipekahon kartu i, dang sadia leleng tos ma amanta i.
Bah ai dang na ala ni marende hape umbahen na martopaktopak ibana, alai ala ni na markartu i do. Sat ni jombut i ma hape na gabe hata partadingan di angka pomparana, ninna sahalak amanta ma marnida na masa i.
Taingotma angka dongan somal do peamna.
Hata ni Tuhanta na tarsurat di I Timoteus 4:7 mandok: “Pasomalsomal ma dirim mangulahon hadaulaton!”

perihal: Sermon Jamita (lihat di Google Wikipinggir)

Selasa, 27 April 2010

Khotbah Naratif.

Khotbah Narasi

“ KASIH DAN PEMELIHARAAN GEMBALA YANG BAIK ”

Bacaan Leksionari:
Injil : Yohanes 10: 11-18
Tanggapan: Mazmur 23 : 1 - 6
Kedua: Kisah Para Rasul 4: 5 – 12
Ketiga : 1 Yohanes 3: 16 – 24

Tujuan :
Jemaat mampu meneladani sikap Kristus sebagai Gembala yang baik, sehingga memiliki kepedulian kepada sesama yang mengalami penderitaan dan membutuhkan uluran kasih

DASAR PEMIKIRAN KHOTBAH:
1. Pada jaman yang semakin tingginya rasa egois manusia yang mengikis rasa kasih terhadap sesama, jemaat terpanggil dan semakin dimampukan untuk menghayati Kasih Kristus.
2. Kasih dari Yesus Kristus sebagai gembala yang baik mendorong jemaat untuk mengaktulisasikan kasih Kritus dalam kehidupannya sebagai buah dari imannya kepada Yesus Gembala yang baik.

KETERANGAN BACAAN: (Tafsiran singkat)

Pertama: Yohanes 10 : 11 - 18
Dalam hidup yang penuh tantangan dan mara bahaya, betapa melegakan jika kita mendengar suara Yesus yang menyatakan "Akulah gembala yang baik". Penyataan Yesus itu mau menunjukkan bahwa Yesus bukan hanya gembala yang melindungi domba-domba-Nya, tetapi Ia rela "memberikan nyawa bagi kepentingan domba-domba". Inilah yang membedakannya dengan "orang upahan" yang hanya mencari keselamatan sendiri saja.

Orang upahan adalah hal yang umum di Palestina. Mereka dibayar untuk tugas menggembalakan dan tentunya juga diharapkan oleh pemilik domba untuk bisa menggembalakan dengan baik termasuk berjuang menghalau binatang buas. Namun karena ia bukan pemilik domba-domba, ia tidak mempunyai hubungan yang intim dengan domba-domba. Sebab itu ketika melihat "serigala" datang, ia akan lari menyelamatkan dirinya sendiri dan membiarkan domba-domba diterkam dan tercerai berai. Orang upahan gagal menjalankan tugasnya ketika menghadapi bahaya.

Sebaliknya gembala sejati akan memelihara domba-dombanya dengan taruhan nyawa. Ia rela kehilangan hidupnya sendiri demi mempertahankan hidup kawanan dombanya. Daud adalah contoh gembala yang baik, yang siap menyabung nyawa demi menyelamatkan domba-dombanya dari cengkeraman binatang buas ( 1Sam. 17:35). Yesus sebagai gembala yang baik rela memberikan nyawa-Nya bagi domba-domba-Nya. Ia rela mati di kayu salib supaya yang percaya kepada-Nya mempunyai hidup. Pengorbanan Yesus bukanlah suatu akhir karena Ia akan menerimanya kembali. Pengorbanan Yesus juga berdasarkan tindakan bebas Yesus dan bukan sebagai korban situasi. Yesus memiliki kuasa untuk tidak mengorbankan nyawa-Nya, tetapi dengan sukarela Ia telah memilih untuk mengorbankan nyawa-Nya demi kepentingan dan keselamatan domba-domba-Nya.

Tanggapan : Mazmur 23: 1 - 6
Pusat dari Mazmur 23 adalah di dalam judulnya di ayat 1. Tuhan adalah Gembalaku, kenapa bagi Daud dengan Tuhan jadi Gembala, maka hidupnya sangat cukup dan berkelimpahan. Apakah dia tidak pernah hidup dalam kesulitan dan masalah?. Pemazmur menggambarkan hubungan dirinya dengan Tuhan bagaikan domba yang dipelihara oleh gembala yang baik. Gembala yang baik bertanggung jawab atas seluruh kebutuhan domba-dombanya. Dia menyediakan kebutuhan untuk makanan yang hijau segar dan air yang menyejukkan. Dia menyertai mereka saat perjalanan sulit dan melindungi mereka atas musuh-musuh yang ganas. Pemazmur juga menggambarkan Tuhan sebagai tuan rumah yang menerimanya sebagai tamu kehormatan. Dia melindungi tamu itu dengan kehormatan dan mengurapinya dengan wewangian. Jaminan kebajikan dan kemurahan meneduhkan si pemazmur sehingga ia bertekad untuk hanya mengandalkan Tuhan seumur hidupnya.

Sungguh ini adalah suatu gambaran yang menyejukkan bagi setiap orang yang berada di tengah dunia yang kian panas dan membara. Manakala kita berpaling ke sekeliling kita, tidaklah kita temukan orang yang kepadanya kita dapat menaruh harap dan percaya kita, karena semua seperti penjaga-penjaga upahan, yang akan lari menyelamatkan diri bila ada bahaya. Namun, dengan berpaling kepada Tuhan dan mengalami perjalanan hidup bersama- Nya, kita tahu bahwa Dia adalah Gembala yang baik.

Tanggapan kedua : Kisah Para Rasul 4 : 5 – 12.
Akibat dari kesaksian dan pengajaran tentang Allah, kini Petrus dan Yohanes harus menghadapi tekanan dan ancaman dari para pemimpin agama dan penguasa wilayah setempat. Mereka berdua ditangkap, bukan karena berbuat jahat, tetapi memberitakan Injil. Meskipun demikian, mereka tidak gentar. Bahkan kehadiran mereka di antara para pemimpin agama itu; mereka manfaatkan sebagai kesempatan untuk bersaksi bahwa keselamatan hanya ada di dalam Yesus Kristus yang telah disalibkan dan dibangkitkan Allah dari antara orang mati.

Di dalam sidang yang sama yang telah menghukum Yesus dengan hukuman mati (Luk. 22:63-71), Petrus memperhadapkan para pemimpin Yahudi kepada suatu fakta yang tidak dapat ditolak. Mereka tidak dapat menyangkal bahwa si lumpuh memang telah disembuhkan. Petrus menyatakan bahwa jika mereka mengakui kesembuhan si lumpuh, seharusnya mereka mengakui juga kebenaran kesaksian Petrus yang menyatakan bahwa si lumpuh disembuhkan karena kuasa nama Yesus. Tidak hanya itu, sesuai dengan nas Perjanjian Lama, Yesus Sang Mesias yang telah mereka tolak itu justru adalah bagian terpenting dari bangunan yang sedang didirikan Allah, yaitu umat-Nya (bnd. Luk. 20:17). Yang terutama adalah, hanya di dalam nama Yesus Kristus sajalah manusia dapat diselamatkan. Keyakinan Petrus dan Yohanes yang didasarkan pada tuntunan Roh Kudus, inilah yang menjadi dasar dari tindakan, perkataan dan keberanian mereka. Keberanian ini tidak sia-sia, karena kesaksian mereka berbuah demi kemuliaan Tuhan.

Tanggapan ke tiga : I Yohanes 3 : 16 - 24
Bagi Yohanes, kasih bukanlah sekadar kata benda atau kata sifat. Dalam teks bacaan ini Yohanes memakai kata kerja ‘mengasihi’. Sebagai kata kerja “kasih” tidak dapat dilepaskan dari relasi personal dan sosial dengan manusia lainnya. Seseorang tidak dapat mengatakan bahwa ia penuh kasih ilahi, tetapi hidup tanpa relasi dengan manusia lainnya. Kasih memerlukan objek untuk dikasihi, yaitu sesama manusia. Secara khusus hakikat kasih dikontraskan dengan dua model yakni Kain dan Kristus.
1. Hidup Kain.
Dalam kitab Kejadian dilaporkan bahwa persembahan Kain tidak diterima, sedang persembahan Habel, adiknya, diterima Allah. Akibatnya timbul kecemburuan dan kebencian dalam diri Kain. Kegagalan Kain untuk mengasihi adiknya melahirkan kebencian mendalam dan akhirnya pembunuhan. Kain membenci Habel yang berbuat benar di hadapan Allah. Perbuatan benar inilah yang dibenci oleh dunia. Oleh sebab itu, Yohanes memperingatkan kita bahwa jika kita membenci perbuatan benar maka tidak ada kasih, dan itu berarti kita sedang membenci. Membenci berarti membunuh. Inilah hidup model Kain.

2. Hidup Kristus.
Kedatangan Yesus ke dalam dunia menunjukkan wujud kasih Allah kepada kita. Karya Yesus selama Dia hidup, baik perkataan maupun perbuatan, mendemonstrasikan kasih Allah. Bukti kasih yang lebih jelas adalah ketika Kristus menyerahkan nyawa-Nya, berkurban untuk kita. Yesus rela menyerahkan nyawa-Nya sendiri agar kita hidup.

PENGENAAN KHOTBAH:
1. Perlu disampaikan bahwa Kasih Kristus menaungi kehidupan setiap orang
2. Dalam kehidupan ini kita selalu diperhadapkan dengan tantangan, namun Yesuslah Gembala yang baik yang setia menuntun kehidupan kita.
3. Bila Allah mengasihi dan memelihara kehidupan kita, kita juga terpanggil untuk mengaktualisasikan kasih Kristus terhadap sesama.


RANCANGAN KHOTBAH :
Saudara yang terkasih dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus,
Gembala yang baik rela berkorban bagi kawanan domba-Nya tanpa pamrih, tanpa upah. Berbeda dengan gembala upahan yang melakukan tugas bukan karena tanggung jawab tetapi karena upah yang diterima. Ia tidak segan-segan lari meninggalkan kawanan domba yang dipercayakan kepadanya, bila kesulitan muncul tiba-tiba. Para gembala yang dimaksud Yesus mungkin sekali adalah para ahli Taurat dan orang Farisi yang menentang Dia, yang tidak memimpin umat kepada hidup. Mereka bukan menjamin keselamatan para domba tetapi justru mencelakakan.

Untuk memahami kehidupan dari seorang gembala kita perlu mengetahui sifat dan tanggung jawab dari seorang gembala yang baik. Ada beberapa yang jelas nyata dalam kehidupan seorang gembala yaitu memberi perlindungan kepada domba - dombanya dari serangan binatang buas seperti serigala atau beruang. Hal yang kedua adalah membimbing atau menggiring dombanya ke tempat di mana ada rumput yang banyak. Kemudian gembala memberi minum kepada domba - dombanya. Dan yang terakhir gembala menggiring domba - dombanya kembali masuk ke dalam kandang untuk beristirahat. Perlu kita ingat bahwa suasana dan kondisi penggembalaan daerah Palestina adalah penuh dengan kekerasan, penuh dengan ancaman, dimana sulitnya mata air, teriknya panas matahari yang mengancam domba karena padang gurun yang mendominasi daerah itu serta begitu banyaknya bahaya dari binatang buas, serigala dan beruang yang hendak mengancam setiap saat domba - domba.

Gambaran ini jugalah yang hendak menjadi gambaran dunia dan kehidupan kita saat ini, penuh dengan tantangan dan ancaman yang setiap saat mengintai dan dapat mengancam kehidupan dari setiap orang tanpa terkecuali. Baik ancaman negative dari tehnologi canggih saat ini, ancaman Narkoba, ancaman persaingan tidak sehat, ancaman dari rasa egois manusia yang semakin tingginya saat ini. Namun dalam kehidupan kita saat ini Yesus berkata: “Akulah Gembala yang Baik”, ini hendak menyatakan kepada kita bahwa setiap orang percaya adalah berada dalam naungan Gembala yang baik yaitu Yesus. Ia yang mengasihi , melindungi, yang memiliki, yang memberi hidup dan selalu menyertai, dari setiap domba kepunyaan-Nya.

Meskipun kita menghadapi begitu besarnya tantangan kehidupan saat ini, kita tidak perlu takut untuk mengahadapinya sebab ada Yesus Gembala kita. Yesus adalah gembala yang baik, di mana sekaligus juga sebagai pemilik domba-domba, pemilik dari kehidupan dan diri kita. Betapa besarnya kasih-Nya kepada kita, di mana Ia rela dihina, diolok-olok dan disiksa, bahkan mengorbankan nyawa-Nya untuk keselamatan milik kepunyaan-Nya. Begitu besar kasih Yesus gembala yang baik itu untuk keselamatan kita umat-Nya, milik kepunyaan-Nya agar kita memperoleh jaminan kehidupan baik di dunia maupun di tempat yang telah disediakan-Nya bagi setiap orang yang setia dan taat kepadaNya hingga akhirnya ( Wahyu 2: 10c).

Oleh karena itu saudara, bagaimana kita menjalani kehidupan kita didunia yang penuh dengan tantangan ini?. Kalau kita mengandalkan kekuatan kita sendiri kita pasti akan mengalami kegagalan sebab kekuatan dan usaha dari musuh kita lebih kuat dari kekuatan pribadi kita masing-masing. Oleh karena itu jangan andalkan kekuatanmu sendiri, tetapi andalkan kasih penyertaan Yesus Gembala yang baik itu, sebab hanya dengan menyandarkan kekuatan kita pada penyertaan Tuhan sajalah kita akan dimampukan untuk menghadapi dan mengalahkan kekuatan musuh kita yaitu tantangan dan pergumulan kehidupan yang kita hadapi pribadi lepas pribadi.

Seperti Daud yang memberikan kesaksian kepada kita dalam kitab Mazmur 23 : 1 - 6, bahwa kekuatannya adalah dari Tuhan yang menciptakan langit dan bumi serta segala isinya. Sebagai orang yang beriman bila kita memiliki keberhasilan dalam hidup ini, kita tidak dapat mengatakan bahwa kita berhasil karena kehebatan kita, melainkan itu adalah karena Tuhan yang memberi kita keberhasilan. Dari pengalaman hidup Daud sendiri, ia menggambarkan Tuhan sebagai Sang Gembala yang baik. Ia menyajikan sebuah pengalaman nyata dalam kehidupan yang dijalani oleh umatNya. Di saat umat berada di jalan kehidupan ini sesungguhnya boleh merasakan kenyamanan karena mempercayakan pada Sang Gembala itu. Gembala itu sangat bertanggungjawab, meskipun jalan yang dilalui bukan jalan mulus dan menyenangkan. Jalan dihadapan kita adalah jalan yang berliku-liku, terjal dan menyusahkan pasti tidak dapat dengan mudah untuk melewati jalan itu. Bila mengandalakankekuatan kita sendiri pastilah bisa putus asa, dan bukan tidak mungkin akan mengalami kekecewaan dan bahaya yang mengancam hidupnya.

Tetapi Gembala kita adalah Tuhan Allah. Hanya Dialah yang akan memberikan jaminan keselamatan kepada kita agar kita dapat sampai ditempat yang dituju. Seperti syair bait KJ 415 ayat 3 mengatakan “ Di jalan maut kelam sekalipun, ku tidak takut pada seteru, sebab Gembala adalah teman dan Juru selamat bagi diriku. O, Gembalaku itu Tuhanku, membuat aku tentram hening. Mengalir dalam sungai kasihku, kuasa damai cerlang bening”. Maka yakinlah bahwa hidup kita senantiasa berada dalam jaminan kasih sang Gembala Sejati, yaitu Tuhan Yesus Kristus.

Saudara jemaat yang dikasihi Tuhan.
Berfokus pada peran Tuhan dalam kehidupan kita. Pada dasarnya terlihat bahwa : Allah sangat mengasihi kita. Dia memberkati kehidupan kita dari sejak lahir sampai saat ini. Kita tidak bisa berhitung berapa banyak yang telah Allah berikan kepada kita sepanjang kehidupan ini. Pendidikan, kesehatan, rezeki, dan masih sangat banyak berkat yang tak ternilai. Allah tak pernah meninggalkan orang percaya. Meski kita di tengah masalah, iman kita harus tetap teguh. Masuk ke lembah kelam, bukan berarti segala kehidupan kita menjadi kelam pula. Tetapi, kita tetap dimampukan untuk menjalaninya. Yang pasti Allah adalah tetap menyertai langkah kita. Bukankah gada dan tongkatnya menghibur kita. Itu bukti, bahwa Dia tak pernah meninggalkan kita sendiri, di tengah masalah yang sangat berat sekalipun.

Allah ingin kita hidup dalam limpahan berkat. Beban berat karena persoalan hidup bukan menjadi alasan dan hambatan bagi Allah untuk memberkati hidup kita. Jika kita tetap kuat dan bertahan dalam kesetiaan pada-Nya, maka curahan berkat itu pasti mengucur sepanjang hidup ini. Kebajikan dan kemuruhan belaka yang meliputi hidup ini. Jadi, sebenarnya tak ada alasan kita untuk hidup dalam ketakutan. Bapa yang baik, merupakan jaminan bagi kehidupan kita. Dia pasti memberikan yang terbaik dalam kehidupan ini.

Saudara Jemaat Kristus yang terkasih.
Nampaknya bahkan pekerjaan yang baik dan benarpun dan melayani dan membantu sesama ternyata dapat menjadi tantangan bagi kehidupan orang yang beriman. Inilah yang dapat kita lihat dari peristiwa penangkapan Petrus dan Yohanes. Namun walaupun itu adalah tantangan dan ujian tetapi bagi orang percaya tantangan dan ujian itu ternyata menjadi lapangan untuk memberitakan Injil. Lapangan untuk melayani sesama yang lebih besar lagi. Ternyata melalui peristiwa itu dihadapan 5000 orang Petrus dan Yohanes memberi kesaksian imannya sehingga yang mendengar ajaran itu menjadi percaya. Petrus dan Yohanes pun berkesempatan untuk menyaksikan Kuasa Allah kepada imam – imam, karena mereka bertanya : “ Dengan kuasa manakah atau dalam nama siapakah kamu bertindak demikian kamu menyembuhkan orang lumpuh ini ? ( Ayat 7 ). Dalam Kisah Para Rasul 3 : 6, ketika orang lumpuh itu melihat Petrus dan Yohanes dan berharap akan beroleh sesuatu dari mereka, tetapi Petrus berkata emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang ada padaku kuberikan kepadamu : “Demi nama Yesus Kristus orang Nazaret itu berjalnlah”. Hal inilah yang mengawali peristiwa penangkapan mereka dan diperhadapkan dengan suatu pengadilan agama pada saat itu.

Saudara, jawaban Petrus kepada imam – imam besar yang mengadili mereka sama seperti ketika ia dengan kuasa Allah menyembuhkan orang lumpuh ini, bahwa dengan nama Yesus Kristus orang Nazaret yang telah kamu salibkan, orang ini disembuhkan dan sekarang berdiri dengan sehat di depan kamu. Jawaban Petrus penuh dengan Roh Kudus, penuh wibawa dan keberanian karena ada Kuasa Allah atas Petrus. Ini sesuai dengan perkataan Yesus dalam Kisah Para Rasul 1 : 8 kamu akan beroleh kuasa kalau Roh Kudus turun ke atas kamu. Petrus bersaksi bahwa orang lumpuh ini disembuhkan dengan nama Yesus Kristus dan menutup kesaksiannya dengan : dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang oleh-Nya kita dapat diselamatkan ( Kisah Para Rasul 4 : 12 ). Petrus menegaskan bahwa hanya di dalam nama Yesus terdapat KESELAMATAN.

Petrus dan Yohanes tidak takut terhadap tantangan yang menghadang mereka itu semua bukanlah oleh karena hanya kemampuan dan kekuatan mereka semata tetapi dalam kehidupan mereka nyata akan penyertaan Tuhan Yesus yang adalah gembala yang baik yang selalu menyertai kehidupan orang –orang yang setia kepada-Nya melalui pimpinan Roh Kudus. Oleh karena itu jangan takut terhadap tantangan tetapi melalui penyertaan Gembala yang baik, dalam kuasa Roh-Nya hadapilah semua pergumulan itu dengan iman mu!.

Saudara sebagai umat Kristen, kita harus menyadari betul bahwa kita ini adalah pengikut Kristus dan milik kepunyaan Kristus yang harus mencerminkan Kristus dalam setiap aktifitas kehidupan kita. Kekristenan juga bermakna "hubungan pribadi dengan Kristus". Tampaknya hanya ada dua pribadi yang terlibat di dalamnya, yaitu orang percaya dan Kristus. Oleh karena itu bagaimana seorang percaya memperlakukan dan mengasihi saudara seiman, terkait juga di dalam relasi kehidupan kita dengan Tuhan Yesus sang Gembala yang baik itu. Ketika seseorang menjadi Kristen, ia tidak lagi dikuasai dosa, ia mulai melakukan apa yang benar, dan mulai mengasihi saudara di dalam Kristus. Kasih bisa menjadi indikator keselamatan di dalam diri seseorang .

Kita tidak perlu terkejut bila dunia membenci kita, tetapi kita harus heran bila ada kebencian di dalam tubuh Kristus. Yohanes memakai kisah Kain sebagai contoh kegagalan dalam mengasihi. Kain gagal karena tidak beriman. Lalu lahir ketidaktaatan yang berakhir pada kebencian; lahir kesombongan yang menghasilkan panas hati. Kebencian dapat ditunjukkan secara aktif maupun pasif. Di mata Allah, membenci saudara sama dengan membunuh dia di dalam hati. Perbedaan kebencian dan pembunuhan terletak pada tindakannya, sikap hatinya sama!. Walau tidak melakukan tindakan membunuh secara langsung (mungkin karena takut dihukum), terselip harapan bahwa orang itu bisa lenyap. Penolakan terhadap seseorang juga berarti memperlakukan orang itu seolah dia telah mati.


Mereka yang menyatakan diri sebagai kristen harus saling mengasihi. Ini bukan tugas!. Ini bukti kekristenan sejati!. Di mana tidak ada kasih, di situ iman mati. Bila kita tidak mengasihi saudara seiman, orang kristen macam apa kita?. Kasih sejati bukan hanya ada di dalam hati atau mulut, tetapi dinyatakan melalui tindakan. Ujian mengasihi bukan hanya melakukan tindakan yang dramatis dan heroik. Berbagi makanan dengan mereka yang kelaparan atau berbagi rezeki dengan mereka yang kekurangan, merupakan tindakan kasih yang nyata. Jangan biarkan kasih kita hanya ada di bibir tanpa aksi nyata. Kita harus menyatakan kasih dalam tindakan dan kebenaran, dalam aksi dan dalam kejujuran. Sebagaimana Kristus telah memberikan keteladanan bagi kita rela berkorban untuk menyelamatkan milik kepunyaannya yaitu kita dengan pengorbanan-Nya di kayu salib, itu adalah sebagai wujud dari kasih-Nya yang sejati. Dalam Kitab 1 Yohanes: 19 - 20 mengingatkan kita : “ Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita. Jikalau seorang berkata: "Aku mengasihi Allah," dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya”. Amin













Oleh : Hotman Aritonang
Mata Kuliah : Tafsir Perjanjian Baru
Dosen : Pdt. M.K.H. Sirait, MTh.

Minggu, 25 April 2010

Entri Google Wikipinggir oleh Gr. Hotman

Saudara yang terkasih…………
Nas ini adalah merupakan pernyataan iman dari seorang yang percaya kepada Allah. Ia berani menyaksikan imannya di depan banyak orang, hal itu didasari oleh pengenalannya akan kasih Allah, kasih setia Allah yang telah menyelamatkan mereka. Dalam pengalaman kehidupan yang mereka lalui Allah telah lebih dahulu menyatakan kasih-Nya kepada umat Israel, dimana merka telah di merdekakan Allah,mereka di bawa kluar oleh Allah dari perbudakan mesir, Allah menyertai dan memelihara kehidupan mereka dalam perjalanan di padang gurun dengan tiang apu dan tiang awan sehingga mereka dapat berjalan siang dan malam. Allah mencukupkan kehidupan mereka dengan Manna dari Allah. Dan sekarang mereka akan segera samapai ketanah perjanjian Allah tanah Kanaan.
Masa ini adalah masa yang penuh dengan tantangan dan ujian bagi mereka,karena akan mengalami perobahan .mereka akan mengalami perobahan pola hidup, perobahan dari kehidupan yang nomade, yang berpindah-pindah dan sebagai pengembara selama 40 tahun, sekarang mereka akan menetap di tanah Kanaan. Perobahan dari suatu bangsa yang di perbudak sekarang mereka sebagai orang-orang yang merdeka.
Sebagai pemimpina Yosua tahu betul sikap dan karakter dari umat Israel yang di pimpinnya ini. sebentar mereka begitu taat namun ketika mereka sebentar di bebaskan, mereka sudah begitu cepatnya meninggalkan Allah dan menyembah berhala, ketika emreka tidak menerima seperti apa yang mereka harapkan mereka sudah bersungut-sungut kepada Allah dan kepada Musa. Boleh dikatakan sifat ketidak dewasaan itu yang menonjol dalam kehidupan mereka. Oleh karena itu untuk mendewasakan bangsa ini Yosua hendak mempersiapkan mereka untuk memasuki suatu pola hidup baru yang jelas-jelasnya muncul dari hati unat tersebut.
Oleh karena itu mereka harus memiliki komitmen iman, mereka harus semakin mengenal jati dirinya bahwa mereka tidaklah sama dengan bangsa-bangsa sekitarnya, mereka adalah umat pilihan Allah, mereka harus hidup sesuai dengan kehendak Allah. Oleh karena itu pertama sekali Yosua sendiri yang memberikan kesaksian imannya di tengah-tengah umat itu :” Tetapi aku dan seiisi rumahku kami akan beribadah kepada Tuhan”. Pernyataan Yosua ini adalah pernyataan sikap iman yang jelas kepada umat ini. melalui pengalaman imannya Yosua hendak menegaskan bahwa apapun yang akan terjadi, saat ini bahkan pada saat yang akan datang ia dan seisi rumahnya hanya akan beribadah hanya kepada satu-satunya Allah penyelamat mereka. Karena hanya didalam ALLAH yang hidup itu sajalah kita menerima keselamatan. Hanya bersama dengan Allah sajalah kita dapat hidup, dan hidup kita ini memiliki arti.
Pengajaran dan pernyataan iman Yosua inilah yang juga semakin mendewasakan iman umat itu sehingga mereka juga akan hanya beribadah kepada Allah yang hidup yang telah menyelamatkan mereka kepada kehidupan yang lebih baik.
Biasanya nas ini disampaikan sebagai renungan dalam pembekalan orang untuk acara pernikahan, namun dalam hubungannya dengan pesat natal saat ini…. kehiduapn anak remaja sama seperti kehidupan dari bangsa Israel.
Masa remaja adalah masa anak diantara 14- 16 tahun. Pada masa ini sering disebut dengan masa pencarian jati diri, pada masa ini sianak akan mengalami perobahan pertumbuhan pisik menuju kepada kedewasaan dan juga mempengaruhi pshikis kejiwaan sianak sehingga masa remaja disebut juga sebagai masa transisi, dan masa inilah masa yang sangat kritis bagi si anak. Pada masa transisi ini, anak remaja berada diantara dua masa, masa kanak-kanak dan orang dewasa. Pada masa ini sifat kejiwaan si anak remaja sulit diterka, tingkah mereka mudah berubah-ubah. Bahkan kalau boleh dikatakan mereka sering bertingkah aneh-aneh menurut orang dewasa dan hal ini terkadang membuat orang tua bingung dibuatnya……..untuk megatur penampilannya misalnya anak remaja bisa berlama-lama di depan cermin dan terkadang ia akan berpenampilan sama layaknya seperti orang dewasa, tetapi terkadang sembrautan biar krenn katanya, baju yang bagus, celana jeans yang bagus di koyak, di lobangi dll. Bisa saja sebnetar sianak begitu

perihal: Hotman aritonang (lihat di Google Wikipinggir)

Entri Google Wikipinggir oleh Gr. Hotman

Nas. 1 Samuel 12:23

Mengenai aku, jauhlah dari padaku untuk berdosa kepada TUHAN dengan berhenti mendoakan kamu; aku akan mengajarkan kepadamu jalan yang baik dan lurus.
Bahasa Batak :
“ Ahu pe antong, dao ma i sian ahu, tung mardosa dompak Jahowa, tung mansohot tumangiangkon hamu, sai podahononku do tu hamu dalan na denggan dohot na tigor I”.

Saudara yang terkasih dalam Nama Tuhan kita Yesus Kristus.
Bila kita membaca kitab 1 Samuel ini maka kita akan mengetahui bahwa kitab ini adalah berisi sejarah Israel, sejarah dalam masa-masa peralihan yang membawa banyak sekali perobahan bagi kehidupan Israel di kemudian harinya. Dimana terjadi suatu masa perobahan bagi Israel yaitu dari zaman Hakim-hakim kepada zaman Raja-raja. Ada tiga tokoh utama yang mengambil peranan penting dalam masa perubahan itu yang berdampak dalam kehidupan nasional di Israel yaitu Nabi Samuel, Raja Saul, dan Raja Daud. Pada awalnya system kerajaan Israel adalah Theokrasi, Allah secara langsung yang berkuasa, memerintah atas Israel, namun oleh tuntutan dari orang Israel sendiri, dimana mereka hendak mau menjadi sama seperti bangsa lainnya yang memiliki raja yang secara langsung dapat memimpin mereka dan yang secara langsung juga mengatur tatanan kehidupan masyarakatnya baik internal maupun eksternal, sehingga melalui nabi Samuel, Allah membangkitkan seorang raja bagi mereka yaitu Saul anak Kisy, seorang Beyamin yang tinggal di Gibea menjadi raja baru dan raja pertama bagi Israel.
Saudara …hal ini hendak menyatakan sikap kehidupan dari banyak orang saat ini, bahkan tidak tertutup kemungkinananya bagi orang-orang Kristen, orang yang percaya kepada Tuhan Allah. Salah satu kecendrungan yang terjadi saat ini adalah begitu sulitnya orang percaya akan pimpinan dan penyertaan Tuhan dalam hidupnya. Banyak orang lebih memilih hidupnya supaya dipimpin oleh yang dapat ia lihat, yang dapat berkompromi dengannya demi kepentingannya, yang dapat diarahkan sesuai dengan keinginan dan kepentingannya walaupun itu bertentangan dengan hukum dan kebenaran bahkan iman Kristiani. Kenyataan kehidupan saat ini katanya sudah banyak orang yang memiliki IP- yang tinggi terhadap pimpinannya. Apa itu IP- ?. Seorang teman menjelaskan IP itu bukan Ilmu Pendidikan, tetapi Ilmu Penjilat. Prinsipnya adalah Asal bapa senang, bapa untung saya tidak rugi, akhirnya segala sesuatu di pertaruhkan bahkan kebenaran, hukum, Iman dan kehidupan sesamapun menjadi taruhannya. Dasar dari KKN yang membawa kebobrokan dalam kehidupan masyarakat kita saat ini, ternyata itu tidak terlepas dari banyaknya orang-orang yang memiliki IP yang tinggi terhadap pimpinannya, sehingga demi kepentinganya suap sogok pun dilakukan walau itu bertentangan dengan kebenaran dan hukum. Tetapi saya yakin sikap yang demikian tidak ada di tengah-tengah kita.
Dalam hal ini Apostel Paulus menasehatkan: “ Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: Apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna” Roma 12 : 2.

Hal ini hendak menjelaskan kepada kita bahwa kekristenan tidaklah menutup diri terhadap perubahan, tetapi kekristenan terbuka terhadap perubahan dunia ini, bahkan mampu dalam perubahan itu terpanggil menjadi garam dan terang dunia ini. Hidup dan jati diri orang Kristen tidak terkontaminasi oleh dampak negative dari perubahan jaman tetapi hidupnya menjadi pemberi rasa, pembawa terang Kristus, di tengah tengah kegelapan dan penderitan kehidupan di sekitarnya.

Saudara yang terkasih….
Kitab ini menekankan kesetiaan kepada Allah. Hal itu dinyatakan dengan jelas dalam 1 Samuel 2:30 ketika TUHAN berkata kepada Imam Eli, "Yang menghormati Aku, akan Kuhormati, tetapi yang menghina Aku akan Kuhina."
Dalam perikop nas ini dapat kita lihat dimana Samuel melakukan suatu Evaluasi kehidupan di tengah tengah umat Israel. Ada beberapa evaluasi yang di lakukan oleh Samuel yang menjadi pembelajaran hidup bagi umat Israel.
Pertama sekali ia mengadakan evaluasi tentang dirinya sendiri sebagai pemimpin,

perihal: Hotman aritonang (lihat di Google Wikipinggir)

Sabtu, 24 April 2010

jamita Minggu bulan Mei 2010

Jamita Minggu Kantate
02 Mei 2010
II Korintus 4 : 13 – 18
Topik Minggu: Manghangoluhon Haporseaon

Hamuna dongan sahaporseaon
Ragam do parungkilon na niadopan ni Apostel Paulus uju borhat laho mamaritahon barita nauli, alai tung pe godang parungkilon i siadopanna alai tulus do ibana laho patolhashon barita nauli i, ala di bagasan pos ni roha dohot di bagasan bulus ni roha dohot di bagasan haporseaon do laho patolhashon barita taringot tu Kristus i. Barita nauli nabinaritahon nai gabe mamboan sinondang tu tonga-tonga ni halak Kristen na di Korintus. Hatutulus ni rohana i dihaporseai do marhite huaso dohot hagogoon nasian Debata. Tung pe tersiksa, tertindas apostel i alai sudenai laho patuduhon na huaso ni Debata do na mangurupi ibana.Tung porsea do apostel i tu Debata ima naung pahehehon Kristus, jala ido dihaporseai gabe hagogoon di dirina laho marbarita nauli.

Sitaonon ni Apostel i ido manogihon huria i gabe marhaporseaon di Jesus Kristus, jala gabe sintong pamujionna di bagasan Jesus Kristus. Sitaonon dohot parungkilon ni Apostel Paulus ido gabe tudu-tudu tu angka parbarita nauli, ima na ingkon mangadopi hamaolon, hambatan uju borhat marbarita nauli. Di sejarah haroro ni barita nauli tu bangso batak , ragam do na niadopan ni parbarita nauli i, pola sahat tu na agoan hosa, alai saluhutna i gabe mamboan sinondang doi tu tonga-tonga ni bangso batak gabe taruli dihaluaon nabinoan ni Kristus i.

Hamu dongan sahaporseaon
Dihatindanghon Apostel i do di turpuk on di Ay 13 didok “Naporsea do ahu umbahen na huhatahon, hami pe naporsea do, umbahen na dohot hami manghatahon”. Haporsuhon naniadopan ni Apostel Paulus ndada gabe putus asa manang mandele alai tung togu do haporseaonna tu Kristus i.Didok di Psalmen 116 : 10 “Porsea do ahu umbahen nahuhatahon, mansai dangol situtu do ahu huhilala”. Tung pe dangol jala beresiko ulaon i alai tongtong do dibaritahon barita nauli dohot sangkap asa sahat barita taringot tu Kristus i.

Hamuna dongan sahaporseaon
Molo tadok dirinta porsea di Jesus Kristus ingkon margogo do hita mandok “hami pe naporsea do umbahen na dohot hami manghatahon”. Molo taida di ngolu ni hakristenonta ditingki on, nunga toropan halak Kristen na ganggu haporseaonna di hagogoon dohot dihuaso ni Debata di bagasan ngoluna, tarida sian angka parange / parulan siganup ari, isarana : nunga godang halak Kristen/ siihuthon Kristus hape sude ulaonna maralo tu lomo ni roha ni Debata, sukses ekonomi, sukses hidub, nang maralo tu uhum, panggora ni roha, lumobi haporseaon. Nunga torop halak Kristen mura mandele, putus asa uju masa parungkilon di bagasan ngoluna Ndang manahan dihaporseaon na di Tuhan i, seolah olah ndang adong be ngolu namarpanghirimon di bagasan ngoluna. Mangihuthon Apostel Paulus Naporsea ima : Rade manaon naporsuk, rade manghatindanghon Jesus Kristus di bagasan ngoluna, rade jala borhat mamaritahon barita nauli taringot tu Kristus, dohot rade manuhuk silang ni Kristus i, dohat angka lan naasing.

Hamuna dongan Sahaporseaon
Di aya 14 didok “ala huboto hami : Naung pahehehon Tuhan Jesus i, paheheon ni i do nang hami raphon Jesus i, jala pajongjongonna do hami raphon hamu”. Ia yang telah membangkitkan Tuhan Yesus, akan membangkitkan kami juga bersama-sama dengan Yesus. Di bagasan turpuk on dihatahon Apostel Paulus do hinasintong taringot tu haheheon ni Tuhan Jesus. Porsea do aposteli dohot saluhut halak tu Jesus Kristus ingkon gabe dapotan bagian dihaheheon i. Dihaporseai aposteli do ingkon togihonon ni Debata do rap dohot Jesus nang angka namonding marhite-hite Ibana. Panghirimon di haheheon ido margogoihon Apostel Paulus margogo mangadopi parungkilon i jala di bagasan panghirimonna ingkon paheheon na do muse di bagasan hasangapon jala marsaulihon ngolu namanongtong sisaleleng ni lelengna. Haheheon i ima panghirimon ni angka naporsea laho patoguhon haporseaon tung pe mangadopi parungkilon ala ni Kristus. Haheheon ni Kristus ima napaboahon ingkon paheheon na sude naporsea jala mangalehon las ni roha / damai sejahtera = Syaloom di bagasan ngoluna.

Hamuna dong

in reference to: Hotman aritonang (view on Google Sidewiki)

Jamita Minggu Bulan April 2010

Parningotan di ari Hamamate ni Jesus Kristus
Ev, LUKAS 23:26-32
“Unang ma Ahu tangisi hamu, diri muna dohot Anakhonmuna ma”

Huria na hinaholongan di Bagasan Jesus Kristus,
Andorang so sahat dope hita tu ondolan ni jamita on, lao ma jolo rohanta manaringoti boha do cara manang mekanisme ni pardalan ni paruhuman di huta Rom.
Ia cara paruhuman di huta Roma, ima uju sada halak terpidana diputushon ingkon hona uhum; marhite penyalipan; ibana sandiri do na mamboan silang i sian ruang ni pengadilan i jala usungonna ma i tu tongatonga ni alaman na di kawal manang dijaga opat halak tentara. Dungi diboan ma silang na i tu inganan naung diparade lao padalanhon manang manjalo “Exsekusi” i. Ganjang do dalan na ingkon bolusonna asa sahat tu si. Di situasi na songon i ma na masa di jamita on. Dina mardalan nasida, di soro soldadu i ma sahalak sian natoropi; si Simon sian Kirene goarna na ro sian ladangna. Ibana do na mangusung silang i sahat tu inganan pamajalan i. Di na mardalan Jesus ; torop do halak nang angka boruboru na manangisi jala mangondingi Ibana. Ia sibonsiri umbahen masa na songoni, laho patuduhon holong ni rohana doi tu Jesus. Jala sada hal na boi antusonta “Ikatan air mata (ilu) hataridaan ni holong doi; asal ma ilu na tutu/jujur; dang songon na somal didok halak “Air mata buaya”, mohon belas kasihan hape dung diurupi laos i dipangke tingki lao mangago na mangurupi ibana .

Lambok do alus ni Jesus dung diida sikap ni angka porompuan i didok “Unang ma Ahu tangisi hamu dirimma dohot anakhon muna ma”. Pandohon on naeng menggugah hadirionta paboa saleleng mardalan , manggulmit jala mangolu hita di portibion, tongtong do diadophon ngolunta tu haberniton; hapariron tarlumobi dina laho manarihon angka iananghontai. Nian ndang boi ta parsoada, sada fakta na masa nuaeng godang nai angka ianakhon na mambahen arsak ni natorasna. Nian dohononta do i alani faktor lingkungan dohot alani hamajuon ni teknologi. Alai ringkot do ta tompuk andoranta lao mangarimang-rimangi paboa masa angka na so ita halomohon i ndada holan alani kesalahan ni angka ianangkon, boi do siala sikap acuh tak acuh (Over Proteksi) na ro sian dirinta songon natoras. Ndang parduli be hita tu iananghon gariada holan mamangkulingi pe olo do ndang sanga hita. Lao mambela diri dohononta ma: ndang sanga alani godang ni ulaon. Nah, nuaeng marhite pandohon ni Jesus i; naeng ma ganup hita songon natoras manangisi dirinta, iananghonta huhut marusaha membenahi diri; Asa ndada holan angka na hol dohot angka i ma na so dung panarusan na martua; alai hita angka naung manjalo pasupasu na sian Debata marhite na pinalumehon Debata iananghon i tangkas gabe jolma angka na martua ala hita ma alamat ni pasupasuni Debata.
Na mangihut ta ida di jamita on; pandohan di ayat 31; Ai molo songon on pambahenan nasida tu hau na tata, aha ma tagamon namasa tu halak na marsak? lapatanna molo di bahen nasida ( Latus, Herodes, Kayafas, Soldadu) si songon i tu na so marsala(Jesus) lam boha ma pambahenan ni jolma i tu angka parsala. Jala songon i ma realita ni pardalan ni uhum di portibi on. Ai boi masa nang jumpang do dina mandalanhon uhum i; jumpang na mangida bohi; ujungna olo laos umborat uhuman tu panangko manuk sian uhuman tu panangko horbo .

Molo dibahen nasida pe na songon i tu Jesus, adong do sikap na patut tiruonta sian Ibana ima “kesabaran”. Sikap on mansai maol do jumpang di parngoluonta lumobi di partingkian on. Sada kecenderunganta ima naeng sude serba instant, hatop-hatop maol do mian hasabaron i di ngolunta. Alani ringkot do sikap i tangkas mian di hita lumobi dina paimaimahon alus ni Debata di angka pangidoanta.

Huria na hinaholongan di bagasan Jesus Kristus,
Balga ni holong dohot panghophoponi naeng ma tangkas jumpang di ngolunta, ai didok do di sada pandohan “ Cinta membutuhkan pengorbanan”
Hu pangke ma jolo sada tudosan songon on :
“ Adong ma sada keluarga di sada huta, sada do ianangkonna na marumur hirahira dua taon. Ia ulaon ni amanta i, lalap do holan na markombur di lapo tuak. Naeng ma sai mangallang na tabo natape

in reference to: Hotman aritonang (view on Google Sidewiki)

Jamita Minggu 2010

Epistel Pesta Natal II hon. Tgl. 26 Desember 2010
“ Ai Ho Do Jahowa, Debatangku”
Jeremia 31: 15-18


H
amu angka dongan sahaporseaon dibagasan goar ni Tuhanta Jesus Kristus, Selamat Natal ma di hita saluhutna…!.
Ia turpuk Jeremia bindu 31 on ima na marisihon hata panurirangon ni si Jeremia taringot tu bagabaga haluaon manang hamumulak ni bangso Israel sian habuangan Babel. Di tingki i harajaon ni Israel nungga tarbagi dua, ima Israel Utara dohot Israel Selatan ( Jehuda) alai na rap tartaban do nasida tu Babel. Alai nuaeng marhite hata panurirangon on, Debata sandiri ma nuaeng paimbaruhon pangkirimon ni Bangso Israel secara umum ( Jeremia 31:27-30) jala secara khusus Jehuda ( Jeremia 31: 27-30) ima marhite Debata mangalehon Padan na imbaru, padan na dumenggan namanghamham ngolu pardagingon dohot partondion ni bangso i. Debata mangalehon haimbaruon ni ngolu na naeng jumpang di bangso na tarbuang i tangkas do i didok di Jeremia 31: 3 ” Haholongan salelenglelengna hubahen mangkaholongi ho, dibahen i hutogutogu ho marhitehite asi ni roha”.

Dibagasan turpuk on tangkas do dipapatar haimbaruon ni parngoluon nanaeng sipamasaon ni Debata ala naung marpangulahi roha-Na jala ala naung ditangihon Debata anggukangguk ni bangso i tangkas do i tarida marhite pandohan ” Songon on do hata ni Jahowa”. Lapatanna paboa ndada rencana ni jolma i alai tung sangkap ni Debata sandiri do. Jala naeng dohononna holan marhite sian sangkap dohot lomo ni roha ni Debata sambing do asa boi jumpang ni jolma i haluaon, ai diluar ni Debata sai hasusaan do ngolunasida songon na nialaman ni bangso Israel na tarbuang i. Asa naeng do ganup jolma olo manangihon hata ni Jahowa, Roma 10:17 Asa sian na tumangihon do ro haporseaon; ia panangihon i, sian hata ni Kristus do.
Hamu angka dongan………………… Tardok tolu bagian ma turpuk on ima:
1. Tarbege do di Rama soara andung dohot partangisan (Ayat 15).
Rama ima sada kota na metmet, 8 Km dompak Utara Jerusalem. Huta Rama on ma na gabe inganan ni angka tawanan perang na di tahan andorang so diboan nasida tu Babel (Bnd. Jeremia 40: 1- 3,). Rama ima inganan ni panguhum si Debora (Panguhum 4:5), di Rama do tinggal si Samuel (1 Samuel 1:9; 7:17) ima efraim., di tingki ni si Daud hea do ibana marondingonding di huta Rama on ( 1 Samuel 19:18). Alai laos huta Rama on do na gabe rute pardalanan ni halak Asyur tu Jerusalem (Jesaya 10:29). Jala didok angka penafsir laos di Rama on do parbandaan ni si Rahel ( 1 Samuel 10: 2, 1 Musa 35:19) ima na marparbalohan tu huta ni Benjamin jala dilaonlaon ni ari didok ma huta on Efrata jala on do na tinudu ni panurirang Mika ( Mika 5:1) ima na gabe huta haroroan ni Sipalua i.
Di huta Rama on ma tarbege anggukangguk dohot partangison: Ditatangisi si Rahel anakkonna, ndang olo ibana apulon taringot tu anakkonna i, ai nunga siap nasida (Ayat 13). Rahel ima istri ni si Jakob, na manubuhon si Josep dohot si Benjamin. Rahel ima ina na manubuhon Israel. Sian i naeng idaonta ma paboa sitaonon ni sahalak ina na agoan anak na hinaholonganna na so olo apulan ala naung mago anak hinaholonganna, ima na patuduhon sitaonon ni bangso Israel na tarbuang i, na so adong be panghirimon dohot hiras ni roha alani sitaonon na masa tu ngolunasida di habuangan Babel. On ma gombaran ni bangso i secara umum ala nungga mandate jala ala ni borat ni sitaonon di habuangan i nasida.

2. Paontok soaram sian partatangison dohot matami sian iluilu, ai adong do upa ali ni hangalutonmu ( Ayat 16- 17)
Hata “ Paontok” dibahasa Indonesia didok “ Cegahlah”. Boi dohonon marhite sian i Debata sandiri manganju, mengelekelek, paposhon rohana asa sip, asa unang sai lalap tumatangis. Isarana songon sahalak ama rupani namangelek anakna na mangangguhi jala sialana ima ala ni hasalaan na sandiri do umbahen na gabe madabu manang gabe hansitan ibana na gabe sai tumatangis jala na so tarelek ni halak na asing be ibana alani i. Alai nuaeng ro ma amana mangelekelek ibana asa sip, asa unang be didatdati na tumatangis i. Tudos tu si ma nuaeng hadirion ni Debata mangelekelek bangso na hinaholongan-N

in reference to: Hotman aritonang (view on Google Sidewiki)