Rabu, 13 Oktober 2010

Teologia RUT


TEOLOGIA KITAB RUT

Dalam kitab Rut ini ada dua bagian pokok teologia yang harus di temukan yaitu:
1.      Tentang Daud ( Rut 4:17)
Nas ini menjelaskan awal dari garis keturunan Daud. Kitab Rut menghasilkan garis keturunan Daud, ini menyangkut sejarah asal usul bangsa Daud. Menurut tradisi diketahui bahwa sebagian nenek moyang Daud adalah orang-orang Moab. Sebenarnya bangsa Daud ini hampir dikenal sebagai bangsa  yang eksklusif mencakup dinginnya terhadap lingkungan tetangga yangberlainan budaya dan agama, tetapi secara politis lebih kuat. Rut seorang janda muda orang Moab sepeninggal suaminya meninggalkan sukunya dan agamanya demi kasihnya terhadap ibu mertuanya. Setelah kesetiaan ini dijawab oleh JHWH dengan pernikahan Rut kembali dengan seorang anggota suku suaminya yang mendiang dan diberi berkat anank – anak yang banyak. Itulah yang dianggab sebagai benang merah untuk keturunan Daud. Disamping bagaimana Daud memperoleh nenek orang Moab namun sekaligus menyangkut Rut menjadi contoh wanita Israel yang rajin setia pada keluarga dan JHWH. Pekerjaan Allah disini tergambar dalam kehidupan manusia biasa. Allah memelihara keluarga orang beriman dan darsanalah Raja Daud berasal. Pemeliharaa keluarga ini mempunyai banyak motif yang sama sehubungan dengan pemeliharaan Allah terhadap para leluhur Israel. Dengan demikian kitab Rut memberikan contoh lain dari kesetiaan Allah terhadap perjanjian dan iman yang ditimbulkan. ( Kitab Rut akan mengawali tentang Daud atau dengan kata lain kitab Rut inilah yang pertama memperkenalkan nama Daud).
Sekalipun dalam kitab Rut hanya diperkenalkan dalam pasal 4 dan itupun hanya 1x namun nama itu menjadi sebuah babak baru dalam sejarah keselamatan. Cerita tentang Daud baru terdapat mulai dari 1 Samuel 16 – 1 raja 2. Dengan banyak ayat ayat sejajarnya dengan 1 Taw 2-29.
Dalam Rut 4 ini, Daud disebut sebagai cicit dari Rut dan Boas anak bungsu dari 8 bersaudara ( 1 Samuel 17: 12 dab, dan dipersiapkan menjadi gembala.

2.      Selain sejarah keturunan Daud dalam kitab Rut kita juga menemukan teologia yang tidak kalah pentingnya yaitu:
A.    Kasih setia Tuhan ( Hesed JHWH)
Kitab Rut yang mengandung pokok kasih setia Tuhan, itu menyangkut pada tingkat manusia dan ilahi. Yang dimaksud pada tingkat manusia adalah menyangkut  tingkat manusia adalah kesetiaan yang terjadi bagi manusia. Sedangkan pada tingkat ilahi adalah bagaimana Allah menunjukkan kasih setianya bagi manusia di dunia ini.
Kesetiaan manusia itu terlihat secara tegas dimana komitmen Rut yang mengharukan Naomi ( Rut 1: 16-17), sehingga komitmen ini membuat Boas menyukainya ( Rut 2: 12). Rut pergi keladang memungut butir-butir jelai dan mendapat perlindungan dari Boas. Bagi para janda tidak ada banyak cara untuk mencari nafkah, sedangkan Rut dan Naomi sangat miskin.
Menurut ketentuan hukum taurart ( Imamat 19: 9 -10). Pada musim panen orang harus meninggalkan sisa-sisa tuaian bagi orang miskin secara kebetulan diladang yang luas dan terbuka untuk umum itulah Rut memungut butir-butir jelai dibagian milik Boas salah seorang sanak saudara Elimelek mertuannya. Kebaikan Boas jauh melampaui apa yang dituntut oleh hukum taurat itu ( Imamat 9: 14-16). Rut mampu memungut seefa jelai ( 1 efa ratarata + 22 liter). Rut telah memungut cukupbayak + 10 kg jelai merupakan sebagian hasil kerjanya dan kemurahan Boas.

B.     Hesed sebagai kemurahan hati
Hesed Tuhan sebagaimana kita maksudkan diatas dapat kitalihat pada pasal 1: 8-9. Kasa Hased ( Ibrani) sering diterjemahkan dengan kemurahan, juga mengandung arti KASIH SETIA dan mencakup pengertian kesetiaan Allah pada perjanjian Allah. Kemurahan hati Allah itu terlihat pada Naomi yang sudah janda pulang ke Betlehem bersama Rut menantunya. Bala kelaparan telah berlalu dan Allah telah menunjukkan lagi kemurahannya terhadap umat-Nya. Orpa dengan sedih pulang kerumah orang tuanya dan berharap akan dapat menikah lagi, namun Rut tidak mau membiarkan  Naomi sendiri serta kesepian pada masa tuanya. Ia memilih untuk hidup ditengah-tengah bangsa Naomi dan yang penting memilih Allah Naomi. Kedua wanita itu tiba di BEtlehem.

C.    Hesed sebagai Kasih
Kemurahan hati juga diterjemahkan CHARITY ( 1 Korintus 13:13). Kata ini diterjemahkan dengan Agape yang artinya kasih. Agape berarti kasih tanpa pamrih yang merupakan buah Roh ( Galatia 5: 22). Ketika digunakan untuk  Allah dalam hubungannya denga manusia. Dalam PL kita melihat bahwa kasih merupakan milik Allah dan diberikan pada umat-Nya Israel ( Hosea 3: 1), yang menyatakan kesetiaan bagi orang dalam perjanjiannya. Ada juga hukum supaya uamt-Nya mengasihi Allah. Dan ini bukan kasih sayang mendalam kepada pribadi Allah melainkan lebih pada perintah kesetiaan. Dalam bahasa Ibrani kata itu ditemukan dalam surat perjanjian kuno dimana seorang raja yang ditaklukkan diperintah untuk mengasihi.

D.    Hesed sebagai kasih karunia ( Anuhgerah).
Kasih karunia dipakai terjemahan Ibrani sebagai KHEN, ini berarti perbuatan atasan dalam hal ini Allah menunjukkan kepada bawahannya kasih karunia pada hal sebenarnya bawahannya tidak layak menerimannya( Kejadian 6: 7, Kel. 33: 17,Bil 6: 25), memang  tiada manusia yang dapat menunjukkan KHEN kepada Allah. P.L menjelaskan Allah memilih Bapa leluhur Israel dan Israel sendiri juga atas dasar kasih karuniaNya tidak ada jasa atau kebenaraan dalam mereka dianggap sebagai alasan bagi pemilihan itu ( Ulangan 7: 7-8, Bnd. Ul. 8: 18).
Dalam membuat perjanjian Sinai seperti juga membuat perjanjian Abraham dan juga dengan para nabi-nabi. Hal itu harus dipahami sebagai kasih karunia ( Jeremia 31: 31-34, Yeh 36: 26). Nabi Hosea menggunakan gambaran kasih perkawinan dan ketidaksetiaan untuk melukiskan hubungan Israel dengan Allah yang memiliki Anuhgerah ( Hosea 6:4-6. Deutro Yesaya mengibaratkan kasih Allah seperti kasih seorang ibu kepada anaknya ( Yes 49: 15). DALAM SURAT Paulus, kasih karunia bersatu dengan iman dan pengharapan ( 1 Korintus 13;13, sebagai iman, karunia Roh kudus ( 1 Korintus 15: 4), bukan yang harus dibanggakan ( 1 Korintus 13: 4). Penrgorbanan Kristus adalah jasih yang tertinggi ( Roma 8: 39).

1 komentar: