Minggu, 25 April 2010

Entri Google Wikipinggir oleh Gr. Hotman

Nas. 1 Samuel 12:23

Mengenai aku, jauhlah dari padaku untuk berdosa kepada TUHAN dengan berhenti mendoakan kamu; aku akan mengajarkan kepadamu jalan yang baik dan lurus.
Bahasa Batak :
“ Ahu pe antong, dao ma i sian ahu, tung mardosa dompak Jahowa, tung mansohot tumangiangkon hamu, sai podahononku do tu hamu dalan na denggan dohot na tigor I”.

Saudara yang terkasih dalam Nama Tuhan kita Yesus Kristus.
Bila kita membaca kitab 1 Samuel ini maka kita akan mengetahui bahwa kitab ini adalah berisi sejarah Israel, sejarah dalam masa-masa peralihan yang membawa banyak sekali perobahan bagi kehidupan Israel di kemudian harinya. Dimana terjadi suatu masa perobahan bagi Israel yaitu dari zaman Hakim-hakim kepada zaman Raja-raja. Ada tiga tokoh utama yang mengambil peranan penting dalam masa perubahan itu yang berdampak dalam kehidupan nasional di Israel yaitu Nabi Samuel, Raja Saul, dan Raja Daud. Pada awalnya system kerajaan Israel adalah Theokrasi, Allah secara langsung yang berkuasa, memerintah atas Israel, namun oleh tuntutan dari orang Israel sendiri, dimana mereka hendak mau menjadi sama seperti bangsa lainnya yang memiliki raja yang secara langsung dapat memimpin mereka dan yang secara langsung juga mengatur tatanan kehidupan masyarakatnya baik internal maupun eksternal, sehingga melalui nabi Samuel, Allah membangkitkan seorang raja bagi mereka yaitu Saul anak Kisy, seorang Beyamin yang tinggal di Gibea menjadi raja baru dan raja pertama bagi Israel.
Saudara …hal ini hendak menyatakan sikap kehidupan dari banyak orang saat ini, bahkan tidak tertutup kemungkinananya bagi orang-orang Kristen, orang yang percaya kepada Tuhan Allah. Salah satu kecendrungan yang terjadi saat ini adalah begitu sulitnya orang percaya akan pimpinan dan penyertaan Tuhan dalam hidupnya. Banyak orang lebih memilih hidupnya supaya dipimpin oleh yang dapat ia lihat, yang dapat berkompromi dengannya demi kepentingannya, yang dapat diarahkan sesuai dengan keinginan dan kepentingannya walaupun itu bertentangan dengan hukum dan kebenaran bahkan iman Kristiani. Kenyataan kehidupan saat ini katanya sudah banyak orang yang memiliki IP- yang tinggi terhadap pimpinannya. Apa itu IP- ?. Seorang teman menjelaskan IP itu bukan Ilmu Pendidikan, tetapi Ilmu Penjilat. Prinsipnya adalah Asal bapa senang, bapa untung saya tidak rugi, akhirnya segala sesuatu di pertaruhkan bahkan kebenaran, hukum, Iman dan kehidupan sesamapun menjadi taruhannya. Dasar dari KKN yang membawa kebobrokan dalam kehidupan masyarakat kita saat ini, ternyata itu tidak terlepas dari banyaknya orang-orang yang memiliki IP yang tinggi terhadap pimpinannya, sehingga demi kepentinganya suap sogok pun dilakukan walau itu bertentangan dengan kebenaran dan hukum. Tetapi saya yakin sikap yang demikian tidak ada di tengah-tengah kita.
Dalam hal ini Apostel Paulus menasehatkan: “ Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: Apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna” Roma 12 : 2.

Hal ini hendak menjelaskan kepada kita bahwa kekristenan tidaklah menutup diri terhadap perubahan, tetapi kekristenan terbuka terhadap perubahan dunia ini, bahkan mampu dalam perubahan itu terpanggil menjadi garam dan terang dunia ini. Hidup dan jati diri orang Kristen tidak terkontaminasi oleh dampak negative dari perubahan jaman tetapi hidupnya menjadi pemberi rasa, pembawa terang Kristus, di tengah tengah kegelapan dan penderitan kehidupan di sekitarnya.

Saudara yang terkasih….
Kitab ini menekankan kesetiaan kepada Allah. Hal itu dinyatakan dengan jelas dalam 1 Samuel 2:30 ketika TUHAN berkata kepada Imam Eli, "Yang menghormati Aku, akan Kuhormati, tetapi yang menghina Aku akan Kuhina."
Dalam perikop nas ini dapat kita lihat dimana Samuel melakukan suatu Evaluasi kehidupan di tengah tengah umat Israel. Ada beberapa evaluasi yang di lakukan oleh Samuel yang menjadi pembelajaran hidup bagi umat Israel.
Pertama sekali ia mengadakan evaluasi tentang dirinya sendiri sebagai pemimpin,

perihal: Hotman aritonang (lihat di Google Wikipinggir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar