Minggu, 25 April 2010

Entri Google Wikipinggir oleh Gr. Hotman

Saudara yang terkasih…………
Nas ini adalah merupakan pernyataan iman dari seorang yang percaya kepada Allah. Ia berani menyaksikan imannya di depan banyak orang, hal itu didasari oleh pengenalannya akan kasih Allah, kasih setia Allah yang telah menyelamatkan mereka. Dalam pengalaman kehidupan yang mereka lalui Allah telah lebih dahulu menyatakan kasih-Nya kepada umat Israel, dimana merka telah di merdekakan Allah,mereka di bawa kluar oleh Allah dari perbudakan mesir, Allah menyertai dan memelihara kehidupan mereka dalam perjalanan di padang gurun dengan tiang apu dan tiang awan sehingga mereka dapat berjalan siang dan malam. Allah mencukupkan kehidupan mereka dengan Manna dari Allah. Dan sekarang mereka akan segera samapai ketanah perjanjian Allah tanah Kanaan.
Masa ini adalah masa yang penuh dengan tantangan dan ujian bagi mereka,karena akan mengalami perobahan .mereka akan mengalami perobahan pola hidup, perobahan dari kehidupan yang nomade, yang berpindah-pindah dan sebagai pengembara selama 40 tahun, sekarang mereka akan menetap di tanah Kanaan. Perobahan dari suatu bangsa yang di perbudak sekarang mereka sebagai orang-orang yang merdeka.
Sebagai pemimpina Yosua tahu betul sikap dan karakter dari umat Israel yang di pimpinnya ini. sebentar mereka begitu taat namun ketika mereka sebentar di bebaskan, mereka sudah begitu cepatnya meninggalkan Allah dan menyembah berhala, ketika emreka tidak menerima seperti apa yang mereka harapkan mereka sudah bersungut-sungut kepada Allah dan kepada Musa. Boleh dikatakan sifat ketidak dewasaan itu yang menonjol dalam kehidupan mereka. Oleh karena itu untuk mendewasakan bangsa ini Yosua hendak mempersiapkan mereka untuk memasuki suatu pola hidup baru yang jelas-jelasnya muncul dari hati unat tersebut.
Oleh karena itu mereka harus memiliki komitmen iman, mereka harus semakin mengenal jati dirinya bahwa mereka tidaklah sama dengan bangsa-bangsa sekitarnya, mereka adalah umat pilihan Allah, mereka harus hidup sesuai dengan kehendak Allah. Oleh karena itu pertama sekali Yosua sendiri yang memberikan kesaksian imannya di tengah-tengah umat itu :” Tetapi aku dan seiisi rumahku kami akan beribadah kepada Tuhan”. Pernyataan Yosua ini adalah pernyataan sikap iman yang jelas kepada umat ini. melalui pengalaman imannya Yosua hendak menegaskan bahwa apapun yang akan terjadi, saat ini bahkan pada saat yang akan datang ia dan seisi rumahnya hanya akan beribadah hanya kepada satu-satunya Allah penyelamat mereka. Karena hanya didalam ALLAH yang hidup itu sajalah kita menerima keselamatan. Hanya bersama dengan Allah sajalah kita dapat hidup, dan hidup kita ini memiliki arti.
Pengajaran dan pernyataan iman Yosua inilah yang juga semakin mendewasakan iman umat itu sehingga mereka juga akan hanya beribadah kepada Allah yang hidup yang telah menyelamatkan mereka kepada kehidupan yang lebih baik.
Biasanya nas ini disampaikan sebagai renungan dalam pembekalan orang untuk acara pernikahan, namun dalam hubungannya dengan pesat natal saat ini…. kehiduapn anak remaja sama seperti kehidupan dari bangsa Israel.
Masa remaja adalah masa anak diantara 14- 16 tahun. Pada masa ini sering disebut dengan masa pencarian jati diri, pada masa ini sianak akan mengalami perobahan pertumbuhan pisik menuju kepada kedewasaan dan juga mempengaruhi pshikis kejiwaan sianak sehingga masa remaja disebut juga sebagai masa transisi, dan masa inilah masa yang sangat kritis bagi si anak. Pada masa transisi ini, anak remaja berada diantara dua masa, masa kanak-kanak dan orang dewasa. Pada masa ini sifat kejiwaan si anak remaja sulit diterka, tingkah mereka mudah berubah-ubah. Bahkan kalau boleh dikatakan mereka sering bertingkah aneh-aneh menurut orang dewasa dan hal ini terkadang membuat orang tua bingung dibuatnya……..untuk megatur penampilannya misalnya anak remaja bisa berlama-lama di depan cermin dan terkadang ia akan berpenampilan sama layaknya seperti orang dewasa, tetapi terkadang sembrautan biar krenn katanya, baju yang bagus, celana jeans yang bagus di koyak, di lobangi dll. Bisa saja sebnetar sianak begitu

perihal: Hotman aritonang (lihat di Google Wikipinggir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar